Pusat Informasi Burung Lengkap dan TerUpdate

7 Tips Menjadi Gelandang atau Playmaker


7 Tips Menjadi Gelandang atau Play Maker 
Apakah anda pernah dengar nama Zinedine Zidane, Andrea Pirlo, Xavi Hernandez….?Ya mereka itu adalah gelandang/play maker hebat yang menjadi andalan di masing – masing timnya. Posisi seorang gelandang sangat central dan berpengaruh besar terhadap permainan tim, karena gelandang bertugas sebagai pembagi bola, perancang serangan dan pemotong serangan dari lawan tim.
Dari pengetahuan singkat di atas ada 7 tips menjadi pemain gelandang/play maker hebat dalam uraian sebagai berikut :

1.      Pengumpan datar, lambung dan penembak yang baik
Ketika bola dalam penguasaan kita sebagai pemain gelandang kita harus berfikir cepat, mau kita apakan bola itu apa mau kita dribbling ataukah mau kita umpan? Sebagai pemain gelandang kita harus mempunyai teknik-teknik umpan datar, lambung dan penembak yang baik. Tapi sebagai pemula kita menimal mempunyai umpan datar dan lambung yang baik karena itu sangat diperlukan bagi teman satu tim untuk mempermudah dalam menerima/mengontrol bola dengan sempurna.
2.      Penempatan posisi
Dalam permainan sepak bola pemain gelandang merupakan jembatan yang menghubungkan antara pemain bertahan dengan penyerang, gelandang dituntut untuk selalu menjaga daerahnya tanpa mengesampingkan penyerangan karena dari posisi gelandanglah serangan dimulai. Gelandang yang baik tahu kapan saat dia bertahan, tahu kapan saat mencari ruang kosong dan tahu kapan menyerang. Penempatan posisi sangatlah penting buat gelandang dengan posisi yang baik pemain dapat mengalirkan bola dari belakang sampai depan tanpa halangan dan ingat sebagai pemain gelandang harus mempunyai respon yang baik karena tidak hanya mengalirkan bola saja tapi memotong bola saat ada serangan supaya tidak membahayakan lini pertahanan merupakan tugas seorang gelandang. Gelandang tidak harus selalu di tengah kadang – kadang berada di samping kanan, kiri atau di depan tergantung dari kreatifitas permainan.
3.      Menguasai bola
Bagi pemain pemula mungkin menguasai bola atau mempertahankan bola dari lawan merupakan masalah tersendiri, karena untuk mempertahankan bola kita harus belajar dari pengalaman ssementara pemain pemula belum mempunyai pengalaman yang cukup dalam mempertahankan bola. Dalam berbagai hal untuk menguasai bola perlu adanya ketenangan, kecepatan berfikir, kelincahan, keseimbangan tubuh dan penglihatan yang luas untuk melakukan hal tersebut dengan sempurna maka diperlukan pengalaman yang cukup. Tapi dengan belajar yang intensif kita bisa melakukan itu dengan lebih cepat tanpa harus selalu bertanding untuk mencari pengalaman.
4.      Penglihatan yang luas
Dalam hal ini pemain dapat memperkirakan posisi teman satu tim dengan satu kali lihat dan dapat melihat posisi lawan yang jauh dari teman satu tim atau pemain tim dalam kondisi bebas tanpa pengawalan dengan begitu pemain dapat menerima umpan dan mengontrol dengan sempurna, saat itulah disebut berpenglihatan luas.
5.      Ketenangan
Ketenangan kelihatannya mudah tapi tidak sedikit pula pemain bola yang tidak memiliki ketenangan bahkan pemain professionalpun kadang masih melakukan hal tersebut apa lagi pada saat dalam tekanan misal dalam kandang lawan, atau pertandingan final itu membuat pemain menjadi gugup jadi terkesan kaku dan sering melakukan kesalahan sendiri yang tidak perlu. Sebagai pemain pemula dan ingin menjadi pemain hebat kita harus melakukan yang terbaik untuk diri kita sendiri dan tim termasuk dalam usaha untuk tenang dan kosentrasi pada setiap permainan. Untuk memperoleh ketenangan itu ada beberapa cara yaitu :
a.       Sebagai umat beragama kita bisa berdoa dulu sebelum melakukan pertandingan
b.      Kosentrasi pada pertandingan
c.       Santai tetapi tetap waspada
d.      Teriakan iyel-iyel tim
e.       Yakinkan diri agar tetap tenang
6.      Kontrol yang baik
Sebagai pemain gelandang kita dituntut untuk bisa mengontrol bola dengan baik karena itu modal kita jika ingin menjadi pemain gelandang hebat, teknik kontrol bola biayasanya digunakan pada saat menerima umpan dari teman satu tim dari yang umpan datar atau lambung juga digunakan pula untuk memotong bola misal bola – bola daerah dari lawan tim.
7.      Dribling
Menggiring bola dengan baik merupakan kelebihan tersendiri buat seorang gelandang, karena disaat pemain tim putusasa menembus pertahanan lawan maka saat yang tepat untuk pemain gelandang beraksi menggiring bola untuk mengacak – acak pertahanan lawan dan membuat ruang kosong untuk pemain satu tim. Jangan pula pemain gelandang keasikan menggiring bola sehingga lupa dengan tugasnya untuk membagi bola dan menjadikan permainannya tidak efektif dan mudah terbaca oleh lawan.

Itulah 7 tips menjadi pemain gelandang/play maker hebat jika ada tips lain yang mau ditambahkan silahkan komen dibawah.



@



9 comments:

ZatnikaBrokenCYDE said...

Makasih tip's nya gan ..

Rian Tiara said...

trims kunjungan dan komentnya zatnikabrokencyde, semoga tipsnya bermanfaat...

arnold sinaga said...

Thank's tips.na

Rian Tiara said...

yoi sama2 sob...

M.Faa'iz Ramadhan said...

makasih gan :)

david ruslim said...

Sya boleh menambahkan sdikit sob sebagai playmaker hrs mnjadi panutan sebuah tim karna playmaker lah yg bertugas sbagai motor prthanan dan serangan serta sebagai pengatur tempo serangan tim. Thx sob 7 tips'a

david ruslim said...

Sya boleh menambahkan sdikit sob sebagai playmaker hrs mnjadi panutan sebuah tim karna playmaker lah yg bertugas sbagai motor prthanan dan serangan serta sebagai pengatur tempo serangan tim. Thx sob 7 tips'a

rian tiara said...

iy trims kunjungannya sobat david ruslim..

Chundra Xii said...

ah masaa??? hoax

Post a Comment - Kembali ke Konten

7 Tips Menjadi Gelandang atau Playmaker