Pusat Informasi Burung Lengkap dan TerUpdate

Tips Membedakan Jenis Kelamin Burung Murai Batu

Murai batu dengan nama latin (Copsychus malabaricus) Burung ini terlihat gagah dan gerakannya yang lincah membuat banyak penghobi burung semakin menyukainya. Selain itu burung ini bersifat fighter sehingga ketika melihat burung sejenis serta burung yang mempunyai jenis suara yang mirip akan mengeluarkan suara yang keras, itu biasanya dilakukan murai batu sebagai pertanda keberadaannya dan memberitahukan daerah teritorialnya. di alam bebas burung ini makanan utamanya adalah jenis-jenis serangga, seperti ulat, jangkrik, kupu-kupu, belalang kumbang kecil dan sebagainya. Wilayah penyebaran dari burung ini di Indonesia adalah Sumatera, Kalimantan dan Jawa, jenisnya juga banyak antara lain dari Sumatera (murai batu medan, murai batu aceh, murai batu lampung) untuk murai batu Kalimantan (murai batu banjar dan murai batu palangka) dan untuk murai batu jawa (larwo). Dan masih banyak lagi yang lainnya yang berasal dari luar Indonesia. Umumnya burung murai batu yang dicari adalah yang berasal dari Sumatera karena burung ini relative lebih besar disbanding dengan daerah lainnya di Indonesia, mempunyai volume keras dan jenis suara yang bervariasi.

Burung murai batu di alam bebas semakin sulit untuk ditemukan, ini disebabkan karena banyaknya perburuan secara berlebihan yang disebabkan oleh semakin banyaknya para pecinta burung ini. Dalam pencarian burung bakalan di hutan biasanya yang banyak ditangkap adalah burung murai dewasa, inilah yang menyebabkan semakin berkurangnya jumlah burung ini di alam bebas. Dengan ditangkapnya bakalan dewasa sistem perkembang biakannya menjadi terganggu bahkan anak-anak dari burung yang di tangkapun akan mati karena masih kecil atau masih dalam bentuk telur yang ditinggalkan induknya. Tapi tidak sedikit juga penghobi burung dengan berdasarkan kepeduliannya pada kelestarian dari burung ini, salah satunya dengan cara menangkarkan atau membudidayakan burung tersebut untuk dikembangbiakan dengan bibit-bibit yang unggul pula. Dengan memperhatikan indukan jantan dan betina yang merupakan trah juara.

Burung murai batu terkenal dengan suara dan gaya bertarungnya tetapi burung murai batu yang mampu bersuara dengan baik adalah burung murai batu jantan, burung murai batu jantan selalu mempunyai nilai lebih dari burung murai batu betina. Dan  burung murai batu jantan ini memiliki suara keras, merdu dan bervariasi berbeda dengan yang betina yang hanya memiliki suara yang agak kecil dan terdengar monoton atau tidak bervariasi yang merupakan salah satu ciri-ciri membedakan burung murai batu jantan dan betina. Sebenarnya ada banyak cara untuk membedakan ciri fisik dari burung murai batu jantan dan betina, tentu saja cara inilah yang ditunggu-tunggu para penghobi burung baru yang belum terlalu paham dengan burung murai batu, tapi juga bukan hanya itu penulis juga masih dalam tahap belajar jadi kita sama-sama belajar. Di bawah ini terdapat beberapa perbedaan antara burung murai jantan dan betina, tapi cara ini dilakukan dengan melihat ciri-ciri fisik padahal secara fisik burung berbeda-beda jadi cara ini juga tidak mutlak mungkin ada yang cocok dan juga ada yang tidak.

Murai Batu Jantan

1. Bentuk kepalanya besar dan pipih.
2. Penglihatannya tajam dengan mata menonjol keluar.
3. Paruhnya panjang, tebal dan kokoh.
4. Warna pada bulu dada coklat pekat.
5. Warna hitamnya pekat dan mengkilap.
6. Volume keras dengan banyak variasi suara.
7. Dilihat pada kakinya memiliki kaki panjang dan terlihat kokoh.
8. Jika diraba pada supit udangnya terasa tebal dan kaku.

Murai Batu Betina

1. Bentuk kepalanya agak lebih kecil dari burung murai jantan.
2. Jika diperhatikan matanya cenderung lebih kedalam dari pada yang jantan.
3. Bentuk paruhnya tipis, melengkung dan agak pendek.
4. Warna pada bulu dada coklat muda.
5. Warna hitamnya sedikit pucat, kusam dan mengarah ke warna abu-abu.
6. Volume lebih kecil dan monoton.
7. Kaki terlihat lebih pendek dan tidak kokoh.
8. Jika diraba supit udangnya terasa tipis dan lunak.

Semoga artikel di atas tentang Tips Membedakan Jenis Kelamin Burung Murai Batu  dapat bermanfaat bagi penghobi burung Kenari. Jika dari temen-temen berkenan dapat mengisi kolom komentar dibawah ini, kami mengharap kritik dan saran dari temen-temen semua. Terima kasih.




@



0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Tips Membedakan Jenis Kelamin Burung Murai Batu