Pusat Informasi Burung Lengkap dan TerUpdate

Cara Membedakan Burung Ciblek jantan dan Betina

Burung ciblek banyak kita temukan di sawah, pinggiran hutan, kebun, halaman rumah dan lainnya. Burung yang mempunyai suara keras ini biasanya dijadikan master untuk burung lain, selain itu juga banyak untuk mengikuti perlombaan-perlombaan yang diadakan untuk kelas ciblek. Burung ini sekarang semakin jarang ditemukan, dikarenakan banyaknya pencarian terhadap burung ini yang semakin populer dan mempunyai ciri khas suara yang keras. Dengan sifatnya yang fighter ciblek sangat mudah ditangkap menggunakan jarring, perangkap atau peralatan lainnya. Ketika mendengarkan suara burung sejenis ciblek akan segera menyahutnya atau menjawabnya dan bila berada di alam bebas burung ini langsung mendekatinya, hal inilah yang membuat ciblek semakin mudah ditangkap.

Di alam bebas burung ini memakan serangga seperti, ulat, telur semut (kroto), belalang, jangkrik, kupu-kupu dan lain-lainnya. Untuk merawat burung bakalan ciblek kita harus mengetahui perbedaan burung antara ciblek jantan dan betina, bagi penghobi burung ciblek senior atau yang sudah berpengalaman di bidangnya tidak akan sulit untuk menentukan beda antara burung ciblek jantan dan betina, tapi berbeda dengan yang masih awam atau baru coba-coba memelihara pasti akan kesulitan untuk memilihnya. Dari wacana tersebut kita yang ingin sama-sama mengetahui tentang burung ciblek, di bawah ini ada beberapa cara untuk membedakan jenis kelamin burung ciblek jantan dan betina.

Burung Ciblek Jantan

1. Jika dilihat dari atas, atas kepala hingga ke sayap berwarna abu-abu gelap.
2. Perhatikan pada matanya, mata cerah, bulat dan melotot.
3. Dilihat dari paruhnya tebal hitam dan rongga mulutnya juga hitam.
4. Perhatikan bentuk badannya jika jantan lebih besar dan ekornya lebih panjang.
5. Pada bagian bulu dada atas dan samping kanan kiri berwarna hitam, bulu dada di bagian perut kuning keputih-putihan.
6. Kaki panjang proporsional dengan cengkraman kuat, ini merupakan ciri fighter bagus.
7. Perhatikan suaranya, burung jantan akan mengeluarkan suara yang bervariasi namun monoton dengan tembakan ciri khasnya ciklak..ciklak…ciklak.. dan diselingi dengan tembakan rapat crecetetet.
8. Burung jantan akan langsung bereaksi ketika melihat burung lain sesama jenisnya.
9. Bakalan ciblek jantan muda, dilihat pada bagian bawah paruhnya yang berwarna putih apakah ada bagian ujung paruh yang berwarna hitam, karena jika pada ujung paruhnya berwarna hitam maka bisa dipastikan burung tersebut adalah burung ciblek muda jantan. Berbeda dengan ciblek jantan dewasa, jantan dewasa bagian bawah paruhnya berwarna full hitam.

Burung Ciblek Betina

1. Jika dilihat pada warna, warna alis putih di atas mata.
2. Dilihat pada bagian bawah paruhnya akan terlihat warna putih polos.
3. Perhatikan pada bentuk badannya. Bentuk lebih kecil serta ekor lebih pendek dari yang jantan.
4. Warna pada bulu dada kuning keputihan.
5. Suara burung betina monoton dan hanya membalas tembakan dari sang jantan ciap..ciap..ciap dan sering bersuara memanggil ci..ci…ci…

Semoga artikel tentang Cara Membedakan Burung Ciblek Jantan dan Betina dapat bermanfaat bagi penghobi burung ciblek.

“jika dari temen-temen ingin lebih dekat dengan penulis, membenarkan atau menambahkan artikel di atas bisa melalui kolom komentar di bawah ini, jangan lupa di isi. Terima kasih.




@



Cara Membedakan Burung Ciblek jantan dan Betina