Pusat Informasi Burung Lengkap dan TerUpdate

Cara Pintar Memilih Burung Blackthroat yang Bagus

Burung blackthroat dengan nama latin Serinus atrogularis ini asli berasal dari Afrika. Burung ini hanya memiliki ukuran kurang lebih sebesar jempol tangan orang dewasa dan warna kecoklatan banyak orang berpendapat bahwa burung tersebut dapat mengalunkan irama suara yang khas. Alunan suaranya tidak terputus panjang dengan tinggi rendahnya suara membuat banyak orang kagum terhadap burung tersebut. Ketika burung ini dipelihara dirumah biasanya rumah yang tadinya sepi dapat seketika ramai dan kelihatan suasananya lebih hidup itu dikarenakan suaranya yang panjang sehingga terdengar ramai. Harga burung ini relative mahal, karena burung ini bukan berasal dari Indonesia dan merupakan burung impor, jadi harga ditentukan nilai tukar rupiah terhadap dolar.

Tentunya dengan harga yang lumayan tinggi membuat para pemula yang ingin memeliharanya harus berpikir dua kali. Untuk membeli burung tersebut kita harus mempunyai strategi yang benar-benar matang sehingga kita tidak merasa sia-sia dalam membelinya. Selain burung yang dibeli harus jantan juga perlu memperhatikan ciri fisiknya seperti berikut :

1. Untuk memilih postur tubuh yang baik sebaiknya pilihlah blackhtroat dengan postur tubuh panjang agak membulat. Blackthroat dengan tubuh yang tegap, besar dan panjang biasanya bermental baik dan suara yang panjang juga dapat mencirikan bahwa blackhtroat tidak mengalami gangguan atau tidak terhambat pertumbuhannya.
2. Pilihlah dada yang tegap dan bidang selain enak dipandang juga menandakan bahwa blackthroat tersebut memiliki volume suara nyaring dan keras, blackthroat yang bersuara keras bukan saja indah didengar namun jika kita turunkan dalam satu pertandingan tentunya akan berani dalam memperdengarkan suaranya di lapangan dan dapat menjatuhkan mental lawannnya.
3. Pita pada leher berwarna hitam pekat samar dan kepala besar agak panjang dan berbentuk lonjong kecil dan membulat. Pilihlah burung dengan anus menonjol keluar ada tonjolan sebesar biji kacang hijau dengan bulu rawis datar dan hanya terdapat lubang untuk keluarnya kotoran.
4. Carilah burung dengan tampilan paruh tebal tipis, panjang dan seimbang dimana bagian bawah dan atas paruh saat burung tersebut diam harus rapat, ciri tersebut menandakan burung mempunyai suara yang keras. Jika burung tersebut sudah bunyi perhatikan dan dengarkan suaranya apakah suara nyaring tidak terputus-putus serta memiliki banyak variasi dan leher jenjang itu menandakan burung yang bagus.
5. Lihat pada sorot matanya apabila tajam mencirikan blackthroat bermental baik, dan sehat. Sebaiknya jangan dipilih blackthroat yang bermata sayu karena dapat mencirikan burung lemah atau kurang sehat.
6. Perhatikan pada warna bulunya apabila cerah, bukan saja menambah keindahan dari burung tersebut namun dapat mencirikan burung yang baik dari perawatan maupun mentalnya.
7. Yang tidak kalah penting juga melihat secara keseluruhan burung itu apakah terlihat cacat atau tidak, karena jika cacat dapat mengurangi keberhasilan jika akan ditangkar. Yang biasa mengalami cacat pada burung finch adalah bagian kkaki, bisa saja karena terjerat atau diganggu hama waktu kecil, maka bagian tersebut harus mendapatkan perhatian khusus ketika memilih blackthroat.

Semoga artikel di atas tentang Cara Pintar Memilih Burung Blackthroat yang Bagus dapat bermanfaat bagi penghobi burung blackthroat. Jika dari temen-temen berkenan dapat mengisi kolom komentar dibawah ini, kami mengharap kritik dan saran dari temen-temen semua. Terima kasih.



@



0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Cara Pintar Memilih Burung Blackthroat yang Bagus