Pusat Informasi Burung Lengkap dan TerUpdate

Mengenal dan Membedakan Jenis Kelamin Burung Manyar

Burung yang terkenal dengan sebutan finches (penenun) ini memiliki keunggulan dalam membuat sarang. Dengan menggunakan keahlian yang dimilikinya, burung ini berbeda dengan burung lainnya karena burung ini dapat membuat sarang dengan menggunakan daun, serat, tumbuhan dan ranting dengan sangat cepat dan rapi.

Bentuk-bentuk sarang dari brung manyar terlihat unik, indah dan juga rumit. Keuleta dan kesabaran yang dimiliki burung manyar terlihat dari sarang yang dibuatnya terdiri dari ratusan atau ribuan rumput yang dirajutnya. Rumput itu dia dapatkan bukan dari daerah sekitarnya saja, tetapi hasil dari terbang jauh kesana-kemari. Burung ini termasuk burung pintar, dalam membuat sarang dia akan membuat dua pintu . Pintu satu untuk masuk kedalam sarang, kemudian pintu ke dua digunakan sebagai jebakan untuk binatang pengganggu. Pintu jebakan akan selalu terbuka, berbeda dengan pintu aslinya yang selalu tertutup dan tersembunyi. Tak hanya itu keunikan yang dimiliki burung manyar, burung ini dapat membuat sarang dengan bentuk sarang berkelompok. Dengan jumlah tertentu mereka akan membuat seperti kamar-kamar di dalam sarangnya secara terpisah-pisah dengan kebersamaan yang dekat dengan manyar lainnya maka burung manyar dapat disebut juga burung social.

Ketika membuat sarang burung manyar sering bersuara kerashal ini dilakukan selain sebagai tanda membuat sarang, tetapi juga sebagai penarik perhatian dari burung manyar betina. Pada dasarnya nurung ini memiliki warna suara yang monoton atau hanya suara lengkingan-lengkingan saja tanpa ada variasi lainnya. Tapi pada perkembangannya sekarang burung manyar dapat dimaster dengan suara burung-burung lainnya. Lengkingan burung mayar juga sangat berguna untuk memaster burung murai batu, kenari, cucak hijau, anis dan lainnya.

Cara membedakan jenis kelamin burung manyar tergolong mudah, seperti di bawah ini :

Burung Manyar Jantan 

1. Perbedaan sangat mencolok, dengan melihat kepalanya atau mahkotanya manyar jantan terlihat berwarna kuning.
2. Warna paruh manyar jantan hitam.
3. Sayap burung manyar jantan berwarna dasar kuning bergaris hitam.
4. Dada hingga perut berwarna putih dengan bintik-bintik berwarna coklat.

Burung Manyar Betina

1. Pada kepala tidak memiliki mahkota berwarna kuning, tapi berwarna coklat kehitaman.
2. Warna paruh kuning kemerahan.
3. Disekitar telinga terdapat bulu berwarna kuning dan melingkar dari telinga satu ketelinga lainnnya.

Semoga artikel tentang Mengenal dan Membedakan Jenis Kelamin Burung Manyar dapat bermanfaat bagi anda penggemar burung manyar. Jika anda berkenan pada kolom komentar dapat di isi kritik, saran atau yang lainnya agar kami dapat membangun blog ini. Terima kasih.




@



5 comments:

Anonymous said...

kalau masih muda cara bedainya gmn gan

Achmad Rifani said...

Biasa nya Di usia berapa sih gan baru nampak mahkota pada manyar jantan.?

takim mutakim said...

biasanya manyar anakan rupa warnaya sama kayak nya kisaran 6bln

takim mutakim said...

6bln baru warnya mulai berubah bila dikasih kroto 3sampai 4bln dah berubah

takim mutakim said...

besok q up foto anakan masih q loloh juragan ada yg tau kelaminya g y?

Post a Comment - Kembali ke Konten

Mengenal dan Membedakan Jenis Kelamin Burung Manyar