Pusat Informasi Burung Lengkap dan TerUpdate

Tips Membedakan Burung Cucak Jenggot Jantan dan Betina

Cucak Jenggot merupakan burung yang mempunyai tipe suara keras dengan tembakan-tembakannya, dengan suara dasar yang seperti itu burung ini cocok untuk dijadikan master burung murai batu, cucak hijau, kacer dll. Bukan hanya sebatas itu sekarang ini burung  cucak jenggot tetapi banyak juga penghobi burung yang memeliharanya untuk mascot karena selain bisa untuk master burung ini juga bisa dimaster. Burung dengan nama latin Alophoxius bres yang masih kerabat dekat dari Pycnonotidae ini merupakan burung pemakan buah-buahan, habitat asli burung ini adalah daerah perhutanan.

Burung cucak jenggot bukan merupakan tipe burung fighter atau petarung, sehingga ketika burung ini bertemu atau mendengar suara dari burung yang sama tidak cepat tanggap dan cenderung kalem kecuali pada saat burung ini tingkat birahinya dalam kondisi tertentu sehingga burung ini akan mengeluarkan suaranya dalam rangka menjaga daerah teritorialnya. tapi, jika burung ini mendengar suara yang frekuensinya tinggi burung ini tidak akan tinggal diam dia akan sesegera mungkin untuk membalas suara tersebut. Selain dari suara yang keras burung ini juga mempunyai sifat yang mudah jinak karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka lebih mudah mengenal lingkungan barunya dan kita sebagai penghobi burung tentunya sangat diuntungkan dengan sifatnya yang seperti itu, kita tidak perlu repot dan bekerja keras untuk menjinakan burung cucak jenggot bakalan hutan yang masih liar hanya dengan sedikit perawatan kecil saja sudah dapat jinak.

Sudahkah anda memilih burung cucak jenggot dengan benar itu merupakan kata yang tepat untuk kita kita penghobi burung yang awam dan ingin mencoba memelihara cucak jenggot mungkin akan susah mengenali dan membedakan burung cucak jenggot jantan dan betina. Sebenarnya burung cucak jenggot termasuk burung yang sukar untuk dibedakan antara jantan dan betina tapi di artikel ini kami membagi sedikit pengetahuan tentang Tips Membedakan Burung Cucak Jenggot Jantan dan Betina dapat kita perhatikan perbedaannya di bawah ini :

Burung Cucak Jenggot Jantan

1. Dilihat dari bentuk tubuh lebih simetris baik dari kepala,  punggung ataupun ekor.
2. Pada warna cucak jenggot jantan warna dada lebih banyak didominasi warna kuning.
3. Perhatikan pada suaranya, jika suara burung variatif dan tidak monoton itu kemungkinan jantan.
4. Jika diadu dengan burung cucak jenggot lain tidak ngleper (menggetarkan sayap).
5. Jika usianya sudah dewasa burung cucak jenggot jantan tidak akan bertelur.

Burung Cucak Jenggot Betina

1. Dilihat dari bentuk tubuhnya tidak simetris.
2. Pada warna dada lebih banyak didominasi warna putih dibanding warna kuning.
3. Suara kicauannya cenderung monoton.
4. Sayapnya akan ngleper jika diadu dengan cucak jenggot jantan.
5. Jika usianya sudah dewasa dan siap bertelur, cucak jenggot betina akan bertelur.

Semakin banyaknya peminat dan penghobi burung cucak jenggot dan permintaan untuk jenis burung cucak jengot yang semakin meningkat, sehingga memaksa penangkap burung untuk bekerja lebih keras untuk mendapatkan lebih banyak bakalan ini tanpa memperhatikan populasinya. Dan semoga dari rasa kprihatinan kita terhadap burng ini lebih banyak penghobi burung yang berminat untuk menangkarkannya agar kelestariannya tetap terjaga.

Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi penghobi burung cucak jenggot, jika dari temen-temen ingin berkomentar atau sekedar menambahkan kekurangan yang masih jauh dari kata sempurna silahkan masukan pada kolom komentar di bawah ini.




@



Tips Membedakan Burung Cucak Jenggot Jantan dan Betina