Pusat Informasi Burung Lengkap dan TerUpdate

Tips Mudah Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina

Penghobi burung saat ini semakin meningkat,  apalagi dengan adanya macam-macam burung yang diperlombakan semakin menarik minat penghobi burung untuk memeliharanya. Memelihara burung memang terkadang terlihat menghambur-hamburkan uang saja, apa lagi jika burung tersebut dipersiapkan untuk lomba hampir setiap hari merawat dengan mengeluarkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Sebenarnya tidak hanya membuang-buang waktu dan menghamburkan uang untuk merawat burung saja, tetapi merawat burung juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk yang merawatnya dengan cara menangkarkannya dan itu juga salah satu penarik minat penghobi burung untuk memeliharanya.

Burung kenari merupakan burung  yang berasal dari daratan bagian timur Afrika memiliki banyak keunikan yang membuat penghobi burung terpesona melihatnya. Keunikan pada kenari jelas terdapat pada warna dan suaranya, dengan berbagai macam variasi warna yang dimiliki menjadi daya tarik tersendiri untuk peminatnya. Warna yang dimiliki burung kenari ada beberapa macam antara lain kuning, putih, biru, hijau, coklat, orange, coklat kekuningan dan lainnya. 

Keunikan lainnya adalah pada suaranya yang nyaring, merdu dan kadang-kadang mengkristal. Tak seperti kebanyakan burung lain burung kenari termasuk salah satu burung yang mudah dijodohkan hanya dengan memasukan pasangan kenari kedalam sangkar saja sudah dapat dikembangbiakan asalkan ada mangkokan untuk meletakan sarang dan telur. Untuk memilih kenari jantan atau betina bagi penghobi burung baru memang agak susah butuh pengalaman. Dari rasa kprihatinan penipuan yang dilakukan pedagang yang curang terhadap penghobi burung baru, maka dibuatlah artikel ini dan di bawah ini terdapat langkah mudah membedakan antara kenari jantan dan betina sebagai berikut :

1. Akan lebih jelas jika membedakan anak-anak kenari pada saat anak-anak kenari itu belum tumbuh bulu, akan terlihat jelas pada bagian kepala jantan berbentuk datar atau lebih pipih tetapi berbeda dengan betina pada bagian kepala terlihat lebih bulat.
2. Anak-anak kenari mulai membuka mata kurang lebih usia 6-7 hari, cara membedakannya adalah dengan melihat matanya jika pada mata anakananak kenari sejajar dengan paruhnya,  maka kemungkinan anak kenari tersebut jantan. Tapi jika ditarik garis lurus dari paruh kemudian posisi mata anakan kenari di atas paruh, maka kemungkinan anakan kenari tersebut betina hal ini yang menyebabkan pada kepala kenari betina terlihat agak bundar.
3. Ketika anak kenari diberi makan, biasanya anakan kenari jantan berdiri lebih tinggi, bunyi lebih keras, dan yang paling ingin diberi makan. Tidak seperti anakan kenari betina yang cenderung terlihat diam dikarenakan kaki yang lebih pendek dan agak sukar bersaing dengan kenari jantan untuk merebutkan makanan.
4. Kurang lebih sekitar umur 5 bulanan warna pada anakan kenari jantan akan lebih kelihatan tajam pada bagian dekat kepala sementara itu pada kenari betina pusat kepala yang berwarna kuning akan sangat terang. Dan pada saat inilah waktu yang tepat untuk memasternya, silahkan download suara master burung kenari gratis di sini.
5. Pada usia 6 bulan anakan kenari betina akan duduk lebih rendah dikarenakan postur badannya, dan kenari betina akan berkelahi dengan kenari jantan pada saat mempraktekan suaranya.
6. Jika dilihat pada anusnya kenari jantan lebih menonjol dibanding pada kenari betina. Dengan memegang burung dan ditiup tepat pada anusnya cara tersebut paling sering digunakan karena hasil pengecekan lebih akurat dan mudah. Selamat Mencoba!

Semoga artikel di atas tentang Tips Mudah Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina dapat bermanfaat bagi penghobi burung Kenari. Jika dari temen-temen berkenan dapat mengisi kolom komentar dibawah ini, kami mengharap kritik dan saran dari temen-temen semua. Terima kasih.




@



0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Tips Mudah Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina