Pusat Informasi Burung Lengkap dan TerUpdate

Tips Singkat Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina

Burung pleci merupakan burung yang banyak kita jumpai di sekitar rumah, kehidupannya berkoloni atau berkelompok. Burung ini sekarang sedang banyak digandrungi, dengan warna dominan hijau dan besar tidak lebih dari ukuran jempol orang dewasa, berkacamata dan mempunyai ekor cabang merupakan ciri tersendiri dari burung pleci. Sebenarnya ada beberapa jenis burung pleci antara lain kacamata jawa (zosterops flavus), kacamata Sulawesi (zosterops consobrinorum), kaca mata laut (zosterops chloris), kacamata tual (zosterops uropygialis) dan masih banyak lagi lainnya. Pada saat ini sudah semakin jarang kita jumpai burung ini, karena banyak yang mencarinya dengan menggunakan jaring atau perangkap lainnya burung ini mudah sekali ditangkap selain hidup berkoloni burung ini juga mudah tertarik dengan burung sejenisnya. Ketika ada burung sejenis yang bersuara atau berkicau burung ini langsung membalas kicauan tersebut dan mendekatinya.

Burung ini mempunyai kelincahan dan suara ngriwik dengan berbagai variasi tetapi dengan volume yang agak kecil. Saat yang tepat untuk mendengarkan suara riwikannya adalah saat pagi hari, gerimis atau hujan pada saat itulah pleci akan berkicau dengan berbagai variasi suaranya. Pada habitatnya di alam bebas makanan utama burung ini adalah buah-buahan, nectar dari bunga, serangga kecil, ulat, pupa, larva, telur semut (kroto).

Burung pleci dapat dibedakan antara jantan dan betina dengan melihat bentuk fisiknya, dan dengan pengamatan yang seksama dapat kita tarik kesimpulan cara membedakanjenis kelamin burung tersebut. Dapat dilihat perbedaanya di bawah ini :

Burung pleci jantan

1. Kepala cenderung lebih besar, paruh lebih besar dan panjang serta postur tubuh lebih panjang dengan kaki jenjang.
2. Vent (alat kelamin) menonjol tegak 30-80 derajat terhadap perut dan memiliki warna bulu yang bersih.
3. Bola matanya besar dan agak sedikit menonjol keluar dengan garis melingkar atau kacamata yang lebih tebal.
4. Memiliki nada panggil yang keras lantang serta gerakannya lincah dan gesit.
5. Ekornya lebih panjang dengan ujung ekornya membentuk huruf V

Burung pleci betina

1. Kepala lebih kecil dibanding yang jantan, tubuh lebih pendek dan terkesan bulat serta bentuk paruh pendek dan kecil.
2.  Vent (alat kelamin) lurus atau rata dengan perut dan memiliki warna yang lebih kusam.
3. Bola matanya berukuran lebih kecil serta terlihat sayu dengan garis melingkar atau kacamata yang lebih tipis.
4. Memiliki nada panggil yang tidak nyaring serta gerakannya kurang lincah dan terlihat kalem.
5. Ekornya lebih pendek dan ujung ekornya rata.

Semoga artikel di atas tentang Tips Singkat Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina dapat bermanfaat bagi penghobi burung pleci. Jika dari temen-temen berkenan dapat mengisi kolom komentar dibawah ini, kami mengharap kritik dan saran dari temen-temen semua. Terima kasih.




@



0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Tips Singkat Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina