Pusat Informasi Burung Lengkap dan TerUpdate

Pemasteran Burung Murai Batu Paling Efektif

Dalam memaster burung yang paling efektif adalah dengan menggunakan suara isian asli burung jenis lain. Hal ini dilakukan jika memang penghobi burung dapat mendatangkan burung – burung master yang bagus, tapi dengan dana yang terbatas tentunya akan sulit mendatangkan burung – burung master yang berkualitas. Di zaman modern ini sudah tidak lagi terpaku dengan cara – cara tradisional seperti itu kita dipermudah dengan adanya perangkat elektronik yang dapat memaksimalkan dan mempersingkat waktu efektifitas pemasteran burung murai batu. Pemasteran dengan menggunakan CD juga cukup bagus jika dilakukan dengan benar. Selain itu penggunaan kaset CD jelas lebih murah dan praktis.

Penghobi burung terkadang salah dalam memaster sehingga burung yang dimaster malah mentalnya jatuh, karena takut terhadap suara master. Berakibat pada suaranya yang menjadi kecil seperti ngeriwik atau burung menjadi stress mendengar rekaman burung master secara terus menerus. Salah satu cara untuk mencegah burung stress dalam pemasteran, caranya adalah gunakan kaset rekaman burung master kemudian putar suara master tersebut selama 20 detik. Setelah itu, tekan tombol recording selama 15-20 menit. Artinya, suara selama 15-20 menit berikutnya dihapus. Non-aktifkan tombol recording dan biarkan kaset berputar lagi selama 20 detik. Lakukan hal itu hingga satu sisi kaset habis. Balik kaset dan lakukan hal yang sama untuk side tersebut. itu dilakukan dengan cara pertama jika anda menggunakan kaset. Nah sekarang cara yang kedua dengan menggunakan CD, pakailah suara CD yang sudah diformat seperti kaset rekaman di atas. Biasanya justru kaset rekaman masteran yang semacam itu yang lebih efektif.

Jika pemasteran burung yang akan dilakukan dengan menggunakan burung master, burung yang dapat digunakan adalah srindit, cucak jenggotm cililin dan lainnya. Dengan cara menempatkan burung murai batu didekat master-master yang telah disiapkan. Pemasteran yang dilakukan yidak terbatas oleh waktu semakin lama dan semakin banyak burung master, maka semakin banyak pula perbendaharaan suara master yang dimilikinya.

Pastikan kondisi burung yang akan kita master dalam kondisi tenang, itu merupakan hal yang sangat menentukan tingkat keberhasilannya. Semakin tenang burung tersebut akan semakin berkosentrasi dalam mendengarkan dan mengingatnya. Pemasteran yang biasanya dilakukan adalah ketika burung mabung atau rontok bulu saat itulah burung akan tenang dan diam. Ketika pemasteran burung harus dalam kondisi dikerodong itu akan menjaga ketenangannya dan memperbesar penyerapan suara-suara master tersebut. yang sering dilakukan penghobi burung adalah memberikan pemasteran saat burung sedang dirawat untuk persiapan kontes, biasanya burung akan dimaster secara teratur pagi, sore dan malam.

Semoga artikel di atas tentang Pemasteran Burung Murai Batu Paling Efektif dapat bermanfaat. Baca juga artikel tentang Tips Membedakan Jenis Kelamin Burung Murai Batu dan Perawatan Burung Murai Batu saat Mabung. Jika dari temen-temen berkenan dapat mengisi kolom komentar dibawah ini, kami mengharap kritik dan saran dari temen-temen semua. Terima kasih.




@



0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Pemasteran Burung Murai Batu Paling Efektif