Pusat Informasi Burung Lengkap dan TerUpdate

Perawatan Burung Murai Batu Saat Mabung

Mabung adalah hal rutin yang tidak bisa dihindari oleh burung. Biasanya terjadi dengan ditandai rontoknya bulu secara bertahap dan kembali tumbuh bulu menjadi sempurna. Saat – saat mabung adalah keadaan yang sensitive bagi setiap burung ini dikarenakan tidak seimbangnya keadaan tubuh dengan kerontokan bulunya. Dan untuk merawat burung saat mabung khususnya burung murai batu adalah sebagai berikut, burung tidak perlu dijemur cukup diletakan pada tempat yang teduh. Mengurangi frekuensi mandi menjadi 2 atau 3 hari sekali juga hal yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan cepat mengembalikan keadaannya pada posisi semula.

Kebersihan burung juga tidak lupa kita perhatikan khususnya kandang burung murai batu harus selalu dibersihkan setiap hari dan ditutup dengan kerodong sepanjang waktu mabung. Burung harus diasingkan dari burung yang sejenis, pada saat seperti ini burung relative diam dan lebih tenang sehingga cocok untuk dimaster. Peletakan master jangan terlalu jauh ataupun terlalu dekat sedang-sedang saja yang terpenting suara master masih terdengar walaupun kecil. Pemberian kroto diusahakan agar lebih banyak tetapi pemberian jangkrik dikurangi.

Ketika bulu burung murai batu sudah tumbuh, burung kadang tidak mau ngeluarkan suaranya atau diam, hal ini disebabkan bulu-bulu pada tubuhnya belum terlalu keras dan butuh waktu untuk mengeraskan bulunya sekitar 2 bulanan. Saat tumbuh bulu diperlukan perawatan-perawatan intensive salah satu contohnya adalah jangan pernah murai saat partum buhan bulu, karena dapat menghentikan pertumbuhan bulu akibat pengerasan bulu terlalu dini. Ketika pertumbuhan bulu sudah sempurna dan maksimal, penjemuran burung harus dilakukan secara bertahap :

- Minggu pertama di jemur selama ½ jam
- Minggu kedua di jemur selama ¾ jam
- Minggu ketiga dan keempat di jemur selama 1 jam
- Minggu kelima dan keenam di jemur selama 1,5 jam
- Minggu ke tujuh dan kedelapan di jemur selama 2 jam

Burung tidak boleh diadu sebelum 2 bulan sebab burung dapat tidak terkendali dan menjadi galak, atur pola mandi dan setelan makanan seperti sebelum masa mabung. Setelah selesai penjemuran burung dapat dicoba dengan latihan meletakan burung diantara burung lainnya.

Semoga artikel di atas tentang Perawatan Burung Murai Batu Saat Mabung dapat bermanfaat. Baca juga artikel tentang Tips Membedakan Jenis Kelamin Burung Murai Batu. Jika dari temen-temen berkenan dapat mengisi kolom komentar dibawah ini, kami mengharap kritik dan saran dari temen-temen semua. Terima kasih.




@



0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Perawatan Burung Murai Batu Saat Mabung