Pusat Informasi Burung Lengkap dan TerUpdate

Mengenal Burung Parkit

Burung parkit merupakan burung yang mudah dikenali hanya melihat bentuk tubuhnya yang kecil dengan warna yang bervariasi serta mempunyai paruh bengkok memperlihatkan bahwa burung ini pemakan biji-bijian. Jika kita ingin memelihara makanan utama burung ini adalah millet(jewawut) atau bisa juga dikombinasikan dengan jagung muda tauge atau yang lainnya. Sekilas burung ini mirip dengan burung lovebird letak perbedaannya hanya pada bentuk fisiknya apabila diperhatikan burung burung parkit lebih kecil dari lovebird. Suara yang dimiliki burung parkit juga tidak jauh beda dengan lovebird yaitu berupa besetan atau lengkingan-lengkingan. Kemiripan yang terdapat pada kedua burung ini disebabkan karena burung ini masih satu keluarga, selain itu juga masih ada burung lain yang memiliki kesamaan fisik yaitu nuri dan kakak tua hanya dibedakan warna dan ukuran saja.

Burung yang mempunyai nama latin Melopsittacus Undulates biasa hidup pada habitat aslinya dengan melakukan aktivitas sehari-hari selalu berkoloni atau berkelompok, pada habitat aslinya burung parkit mulai berkembangbiak pada bulan Oktober dan Desember bertelur 6 butir telur per pasangan. Sebelum melakukan perkawinan biasanya burung parkit jantan akan bersiul atau berkicau untuk mendapatkan perhatian dari sang betina. Burung parkit juga termasuk burung yang setia terhadap pasangannya itu ditandai dengan pejantan yang selalu berdekatan dengan betina ketika sedang bertelur, hal ini dilakukan pejantan selain menandakan kesetiaannya juga untuk melindungi sang betina dari gangguan burung ataupun binatang predator lainnya.

Dalam memelihara burung parkit tidak membutuhkan perawatan yang khusus karena pada dasarnya burung ini mudah sekali untuk beradaptasi dengan lingkungannya yang penting kebersihan burung dan kandang selalu diperhatikan dan jangan lupa makanan dan minumannya harus selalu di tersedia. Burung ini sangat cocok untuk di hiasan rumah karena keindahan warnanya juga dapat sebagai master burung-burung berkicau. Terkadang penghobi burung suka dengan jenis suara parkit untuk dijadikan master. Dengan memelihara sepasang burung parkit biasanya akan lebih mudah bunyi dibandingkan memelihara pejantannya saja, kegunaan sang betina di dalam sangkar agar memancing sang jantan untuk terus berkicau.

Semakin banyaknya penghobi burung parkit menjadikan semakin banyaknya burung parkit dipasaran. Ketertarikan terhadap burung parkit membuat rasa ingin tahu dan keinginan untuk memelihara sangat besar, tentunya untuk memelihara kita perlu mengetahui jantan dan betinanya atau jenis warna yang paling disukai karena dari suara dan warnalah burung parkit semakin di gandrungi. Bagaimana caranya membedakan antara jantan dan betina burung parkit? Untuk mengetahui jenis kelamin burung parkit kita dapat melihat dari ukuran tubuhnya serta warna pada lubang hidungnya, jika warna pada hidungnya kebiruan berarti jantan tetapi jika putih ataupun biru pucat adalah betina.Burung parkit dengan warna kombinasilah yang menjadikan burung parkit tersebut semakin mahal, jadi sebaiknya pilih burung parkit yang mempunyai warna kombinasi.

Semoga artikel di atas tentang Mengenal Burung Parkit dapat bermanfaat, jika dari temen-temen berkenan dapat mengisi kolom komentar di bawah ini. Kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari temen-temen semua. Terima kasih.




@



1 comments - Skip ke Kotak Komentar

Burung berkicau said...

Memelihara burung parkit bisa jadi latihan sebelum memelihara burung lovedbird yang lebih mahal dan sedikit lebih besar

Post a Comment - Kembali ke Konten

Mengenal Burung Parkit