Tips Membedakan Burung Poksay Jantan Dan Betina

Burung poksay adalah salah satu burung kicauan yang kerap dilombakan pada setiap kontes burung berkicau. Burung ini memilii karakter suara dasar yang keras, nyaring hingga dapat terdengar pada jarak yang cukup jauh, tak ayal jika burung poksay menjadi salah satu burung yang banyak peminatnya. Akan tetapi hanya burung poksay jantan lah yang mampu menghasilkan suara-suara yang berkarakter seperti itu.

Tips Membedakan Burung Poksay Jantan Dan Betina

Ciri-ciri fisik burung poksay jantan diantaranya adalah berwarna kecoklatan, terdapat warna putih beberapa bagian tubuh (telingnya). Selain itu pada bagian hidup, terdapat jambul putih yang membuat pesona poksay semakin terlebih jelasnya. Sedangkan untuk makanan utama burung poksay berasal dari serangga-serangga seperti ulat, jangkrik atau belalang.

Bagi seorang kicaumania yang ingin mendapatkan burung poksay yang memiliki suara yang bisa diandalkan di ajang kontes burung berkicau, ada beberapa hal yang memang wajib Anda ketahui. Salah satunya adalah memilih bakalan poksay dengan jenis kelamin jantan. Selain itu, membeli poksay dari trah-nya juga diperlukan agar mendapatkan burung dengan kualitas terbaik.

Nah, sebagai tips bagi Anda yang ingin membeli burung poksay di pasar burung, atau di peternak. Ada beberapa hal yang bisa dilihat untuk mengenali ciri burung poksay jantan dan betina. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat ulasan berikut ini:

1. Ciri-Ciri Burung Poksay Jantan

  • Pada dasarnya burung poksay jantan hasil penangkaran memang sudah menyukai voer. Nah, jika Anda melihat voer pada tempat pakan burung tidak berubah (hancur) maka dapat dipastikan poksay tersebut adalah jantan.
  • Postur tubuh poksay jantan lebih tegap dan kepala mendongak keatas.
  • Burung poksay jantan lebih jinak dibanding dengan yang betina
  • Pada bagian bulu dibawah ekor (dekat dubur) terdapat bulu-bulu halus berwarna kuning kemerahan.

2. Ciri-Ciri Burung Poksay Betina

  • Burung poksay betina kurang menyukai makan voer, sehingga burung akan cenderung untuk mematuk voer yang berada pada tempat pakan, hingga menjadi bubuk halus.
  • Posisi leher poksay betina rata atau hampir sama dengan garis punggungnya, selain itu posisi kepada juga tidak tegak.
  • Burung poksay betina lebih giras daripada jantan, tidak mau disentuh oleh tangan, sehingga burung akan melompak/lasak ketika akan disentuh.
  • Tidak ada warna kuning kemerahan pada bagian bawah ekornya.

Demikian tips membedakan burung poksay jantan dan betina yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan pengetahuan dasar tentang burung poksay ini bisa menjadikan Anda lebih selektif dalam memilih poksay yang benar-benar berkualitas.

Tips Membedakan Burung Poksay Jantan Dan Betina | kidzoners | 4.5