Cara Merawat Bakalan Anis Merah

Burung anis merah jantan ataupun betina sama-sama mempunyai kemampuan untuk berkicau dan bergaya teller. Burung-burung yang melakukan hal tersebut menandakan burung tersebut sudah dewasa dan telah siap kawin. Burung anis merah biasanya melakukan hal tersebut setelah umurnya menginjak antara 6 sampai 7 bulanan sehingga pada umur-umur tersersebut burung yang dirawat dengan baik akan menunjukan birahinya dengan diperlihatkannya gaya teller bergoyang.

Cara Merawat Bakalan Anis Merah

Apabila anis merah yang dipelihara sekitar 10 bulanan tetapi belum menunjukan gejala yang demikian berupa berkicau atau teller dapat disebabkan karena sistem organ reproduksi burung tersebut tidak berkembang dengan sempurna. Pemberian pakan yang yang masih dibawah kebutuhan dasar yang diperlukan oleh burung sehingga burung mengalami defesiensi protein dalam waktu yang lama. Kekurangan yang dialami burung sejak bakalan atau piyikan dapat menjadi penyebab utama tidak munculnya gejala birahi pada anis merah sehingga tidak berkicau apalagi teller.

Sebenarnya ada beberapa cara agar anis merah dapat berkicau dan teller yaitu perlu adanya perawatan yang maksimal agar semua sistem reproduksinya dapat berkembang dan berfungsi secara normal. Perhatikan cara merawat bakalan anis merah berikut ini:

  1. Berikan pakan ekstrafoodnya berupa jangkrik, kroto, ulat hongkong serta cacing ini diberikan dengan jumlah yang ditambah dari biasanya secara bergantian sebagai sumber protein.
  2. Tiap hari senin dan selasa dapat diberikan suplemen yang dioleskan ke makanan ataupun diteteskan ke minumannya. Biasanya suplemen tersebut mengandung asam amino essensial sebagai zat pembentuk proteinyang sangat diperlukan untuk sistem perkembangan reproduksi burung.
  3. Pada hari rabu dan kamis perlu diberikan suplemen gacor yang dapat merangsang perkembangan dan elastisitas pita suara sehingga burung menjadi rajin berkicau dengan kualitas suara yang bagus.
  4. Berikan buah-buahan segar seperti pisang, papaya dan apel dapat diberikan secara bergantian sebagai sumber serat dan vitamin bagi burung dan agar anis merah yang sudah berumur 10 bulanan cepat teller anda bisa memberikan 3 tetes formula metabolisme langsung ke mulut pada sore hari. diberikan sampai anis merah bisa teller.

Sedikit tips untuk anda penghobi burung anis merah, burung yang kita rawat dengan baik pasti akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Jadi jangan segan untuk menyayangi dan memberikan perawatan yang maksimal pada burung kesayangan Anda.

Cara Merawat Bakalan Anis Merah | kidzoners | 4.5