Jenis-Jenis Poksay Yang Populer di Kalangan Kicaumania Tanah Air

Poksay merupakan salah satu burung kicauan yang sangat populer di kalangan kicaumania tanah air. Poksay memiliki suara yang khas dengan nada-nada yang tinggi namun sangat enak untuk di dengar. Selain itu secara fisik, Poksay juga terlihat sangat menarik, dan memiliki banyak jenis yang setiap jenisnya mempunyai karakter suara yang unik.

Sedikitnya ada 50 jenis Poksay yang tersebar di seluruh dunia. Dan jumlah tersebut mungkin saja sudah berkurang, mengingat jumlahnya di alam bebas sudah sangat berkurang. Hanya Poksay yang berasal dari penangkaran saja yang bisa dijadikan untuk gacoan. Nah, untuk lebih mengenal burung Poksay, berikut jenis-jenis Poksay yang populer di Indonesia:

1. Poksay Jambul

Gambar Poksay Jambul

Poksay Jambul atau dengan nama latin White crested laughingthrush, merupakan Poksay yang paling terkenal di Indonesia. Burung ini diimport dari Thailand dan mampu berkembang biak sangat bagus di Indonesia. Poksay Jambul memiliki karakter suara yang keras, lantang dan berisik. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan masteran bagi burung kicauan lainnya.

2. Poksay Hongkong

Gambar Poksay Hongkong

Sesuai dengan namanya, burung ini memang berasal dari Hongkong. Poksay Hongkong memiliki karakter suara yang tidak hanya bagus dan lantang, burung ini memiliki mental dan daya tarung yang mumpuni sehingga burung ini kerap menjadi buruan kicaumania untuk dijadikan gacoan di ajang kontes burung.

3. Poksay Sumatera

Gambar Poksay Sumatera

Poksay sumatra atau dalam bahasa latinnya bernama sumatran laughingthrush adalah burung poksay yang berasal dari wilayah Sumatera. Jumlahnya di alam liar memang sudah sangat terbatas, yang beredar dipasaran saat ini adalah poksay sumatera yang berasal dari penangkaran saja. Karakter suara yang dimiliki Poksay Sumatera adalah berisik, keras, namun masih terdengar merdu.

4. Poksay Kuda

Gambar Poksay Kuda

Poksay kuda termasuk jenis poksay yang sangat langka, mustahil untuk menemukan poksay ini di alam bebas. Bahkan para penangkar pun kesulitan untuk mengembangbiakkannya, lantaran karena sepinya peminat.

5. Poksay Mantel (Medan)

Gambar Poksay Mantel Medan

Poksay Mantel atau yang lebih dikenal dengan nama Poksay Medan ini memang hanya bisa dijumpai di Sumatera dan sebagian Kalimantan saja. Burung ini jumlahnya masih sangat banyak di alam bebas, namun bagi Anda yang berniat ingin memeliharanya disarankan untuk membeli dari hasil penangkaran saja untuk menjaga kelestariannya.

6. Poksay Samho

Gambar Poksay Samho

Meskipun poksay Samho sudah sangat jarang dijual di pasaran, namun bagi yang sempat memeliharanya pasti tidak akan lupa kehebatan burung ini. Poksay samho yang notabene berasal dari China ini memiliki suara yang nyaring, bising, serta memiliki ciri fisik yakni warna bulunya yang coklat terang kemerah-merahan.

7. Poksay Genting (Mandarin)

Gambar Poksay Genting Mandarin

Poksay genting atau poksay mandarin adalah jenis burung poksay yang menjadi primadonanya kicaumania. Selain jumlahnya masih sangat banyak di alam, burung ini sangat mudah untuk ditangkarkan. Bahkan untuk perawatan poksay mandarin tidak serepot perawatan burung lainnya. Burung poksay mandiri memiliki ciri fisik yang dominan pada lingkar matanya yang berwarna indah, dan sangat elegan. Untuk kualitas suaranya, poksay mandarin tidak perlu diragukan lagi.

8. Poksay Hitam

Gambar Poksay Hitam

Sesuai dengan namanya, hampir seluruh tubuh poksay ini berwarna hitam. Keunikan burung ini adalah ia lebih suka menetap dan tidak mau berpindah-pindah tempat. Biasanya poksay hitam dapat ditemui disekitar pegunungan di wilayah sumatera. Untuk suranya sendiri, burung poksay hitam tak jauh berbeda dengan jenis poksay lainnya yang berkarakter suara keras, lantang dan berisik.

Itulah beberapa jenis burung poksay yang umum ada di Indonesia. Sebagian dari jenis tersebut sudah hampir punah, dan untuk menjaga kelestariannya. Maka sebaiknya kicaumania tidak menangkap poksay langsung dari alam, melainkan membeli poksay dari penangkaran. Untuk harganya, silahkan lihat artikel sebelumnya tentang harga poksay terbaru.

Jenis-Jenis Poksay Yang Populer di Kalangan Kicaumania Tanah Air | kidzoners | 4.5