Mengenal Jenis Burung Cendet

Burung Cendet atau kadang juga sering disebut Burung Pentet merupakan salah satu burung predator yang memiliki suara bervariasi dan sangat menarik. Burung Cendet ini adalah burung yang sangat cerdas, berasal dari keluarga Laniidaee dan mampu meniru suara burung jenis lain dengan kicau burung yang merdu.

Ada sekitar tiga (3) jenis burung cendet yang tersebar di Indonesia: Lanius Cristatus (Cendet Coklat), Lanius Trigrinus (Cendet Loreng), dan Lanius schach (Cendet Jawa). Mari kita kupas satu per satu.

Jenis Burung Cendet

Lanius Cristatus (Jenis Burung Cendet Coklat atau Brown Shrike)

Burung Cendet jenis ini merupakan burung cendet yang berkembang biak di Asia Utara. Pada musim dingin ia sering bermigrasi ke selatan menuju Asia Tenggara. Keberadaannya sendiri di Indonesia tersebar pada pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Bali.

Jika kita sedang beruntung kita dapat melihat Burung Cendet ini sedang bertengger di semak-semak dan pohon-pohon kecil untuk mencari makan. Tempat tinggal Burung Cendet Coklat adalah daerah luar hutan, tanah terbuka atau perkebunan. Dalam mencari makan biasanya Burung Cendet ini menerkam dan menangkap mangsanya.

Makanan Burung Cendet Coklat di alam bebas adalah berbagai macam jenis serangga seperti, belalang, jangkrik, kupu-kupu, ulat dan lainnya. Ciri-ciri fisik Burung Cendet Coklat adalah mempunyai ukuran sekitar 20 cm, dengan bagian bawah tubuhnya berwarna putih, kuning tua dan warna bulunya didominasi warna coklat, ketika dewasa alis mata dan dahi bergaris putih sedangkan untuk Burung Cendet Coklat anakan mempunyai alis mata berwarna hitam, iris mata berwarna coklat dengan paruh berwarna hitam dan warna kaki abu-abu agak kehitaman.

Lanius Trigrinus (Jenis Burung Cendet Loreng atau Tiger Shrike)

Daerah perkembangbiakan Burung Cendet loreng ini adalah Asia Utara dan Jepang. Pada musim dingin burung ini bermigrasi ke selatan menuju Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri burung ini tersebar pada pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali dan juga Sulawesi. Burung jenis ini merupakan pendatang musim dingin yang tidak teratur kedatangannya. Di alam bebas Burung Cendet loreng ini hidup di tepi hutan luar yang terbuka. Kasar dan keras adalah suara khas kicauan yang dimilikinya.

Burung Cendet loreng ini adalah Burung Cendet yang paling kecil dibandingkan kedua saudaranya. Ciri-ciri yang dimilikinya adalah berukuran 18-19 cm, warna pada atas kepala dan tengkuk keabu-abuan, punggung berwarna kemerah-merahan, ekor berwarna coklat dengan gradasi garis hitam, pada bagian sekitar mata ada garis hitam halus, tubuh bagian bawah berwarna putih, bergaris coklat pada kedua sisinya.

Burung Cendet loreng muda berwarna coklat pudar dengan garis mata berwarna hitam terlihat samar, bagian bawah tubuh pentet yang masih muda berwarna kuning tua dan pada bagian sisi garis-garisnya lebih banyak dibandingkan yang dewasa, iris mata berwarna coklat, paruh berwarna biru, dengan ujungnya berwarna hitam, serta warna kakinya biru pucat.

Lanius Schach (Jenis Burung Cendet Jawa atau Long-tailed Shrike)

Burung Cendet Jawa ini tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Madura, Maluku dan Bali. Tetapi penyebaran terbesarnya adalah di Jawa bagian Timur, pulau Madura dan sebagian di Jawa Barat. Burung Cendet jenis ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari pada dua jenis Cendet lainnya (Cendet loreng dan Cendet coklat), mempunyai ukuran 25 cm, Burung Cendet jenis inipun tergolong lebih cerdas dibanding kedua saudaranya. Memang ketiganya (Cendet Coklat, Cendet Loreng dan Cendet Jawa) masih dalam satu keluarga atau satu suku yakni Laainiidae, tetapi jenis Cendet Jawa atau juga disebut Cendet Penetap (Long-laited shrike) inilah yang banyak dipelihara. Para penggemar atau maniak burung pasti kenal dengan Burung Cendet jenis ini karena asli Indonesia.

BURUNG CENDET Scientific Classification

  • Kingdom: Animalia
  • Phylum: Chordata
  • Class: Aves
  • Order: Passeriformes
  • Suborder: Passeri
  • Family: Laniidaee
  • Genera: Lanius, Eurocephalus Corvinella

Itulah Tiga jenis burung cendet yang umum kita temui di dunia ini. Sebenarnya ada beberapa jenis burung cendet dengan sub spesies lain yang tersebar di beberapa tempat dan beberapa negara. Namun yang umum dan sering didengar adalah tiga jenis burung cendet di atas.

Cendetmania memang sangat mengagumi kicau burung cendet ini. Merdu. Syahdu, meski kadang burung cendet bisa galak, kadang pula burung cendet ini bisa manja.

Mengenal Jenis Burung Cendet | kidzoners | 4.5