Tips Memulihkan Burung Cendet Pasca Mabung

ZONABURUNG – Adakalanya burung itu memasuki masa mabung, termasuk burung cendet. Lalu apa sih yang dimaksud Mabung atau Moulting ini? Mabung adalah waktu ketika proses pergantian bulu yang lama menjadi bulu yang baru dan ketika burung sedang dalam proses mabung maka burung itu akan terlihat lebih banyak diam dan tidak bersuara seperti biasanya serta lebih banyak makan atau minum dari biasanya.

Burung Cendet Mabung

Burung cendet dikenal sebagai burung yang “mudah” dilatih dan cepet gacor. Pada saat tidak mabung Burung cendet memiliki karakter suara yang bagus, gacor, dan lantang. Tetapi pada saatnya, ketika burung cendet merasa nge-drop, saat memasuki masa burung cendet mabung atau molting, dan juga pasca mabung, burung cendet cenderung mengalami penurunan penampilan, baik dalam berkicau maupun staminanya. Ini tentu saat-saat yang menjengkelkan.

Stamina burung cendet pasca mabung memang cenderung terkuras untuk menumbuhkan bulu-bulu barunya. Pada saat inilah burung cendet sangat membutuhkan multivitamin dan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga kondisi fisiknya, agar cepat gacor kembali.

Berikut langkah praktis “Tips Memulihkan Burung Cendet Pasca Mabung” agar si burung kembali gacor, kembali ke kicaunya yang lantang dan mantap!

  1. Pada pagi hari sekitar pukul 06.00, cendet digantung di teras untuk mendapatkan udara segar di pagi hari. Kerodong harus dilepas saat digantang di teras.
  2. Pada pukul 07.00 anda bisa memandikan cendet sesuai dengan kebiasaannya. Bisa dengan karamba atau dengan mandi semprot menggunakan sprayer.
  3. Setelah dimandikan/mandi,cendet diangin-anginkan sebentar dan jangan lupa untuk memberikan 10 ekor jangkrik dan 1 sdt kroto.
  4. Setelah diangin-anginkan, jemur cendet di bawah sinar matahari. Misalnya dijemur dari jam 08.00 – 10.00. Atau jika cuaca di tempat anda sejuk, bisa ditambah durasinya sampai pukul 11.00. Sesuaikan dengan cuaca di tempat anda.
  5. Setelah dijemur, cendet diangin-anginkan kembali di tempat yang teduh kurang lebih selama 20 menit.
  6. Setelah diangin-anginkan, kerodong burung cendet sampai sore (pukul 15.00).
  7. Pada sore hari (15.00), bukalah kerodong dan mandikan kembali seperti cara di atas. Kemudian dijemur sampai jam 16.00. Saat dijemur jangan lupa berikan 5 ekor jangkrik dan 1 sdt kroto.
  8. Setelah itu cendet dikerodong sampai pagi hari agar beristirahat total.
  9. Lakukan pola perawatan tersebut sampai kondisi cendet bagus.
  10. Untuk menu pakan, hari senin s/d kamis diberi pakan seperti setelah harian saja.
  11. Sedangkan pada hari jumat dan sabtu bisa diberikan pakan tambahan berupa 3 ekor UH di pagi dan sore hari. Porsi jangkrik ditambah menjadi 15 ekor di pagi hari, dan 7 ekor di sore hari.
  12. Saat masa pemulihan, sebaiknya cendet tidak dilombakan dahulu sampai kondisinya benar-benar fit.
    Cukup mudah bukan langkah untuk cara memulihkan cendet pasca mabung? Sebenarnya kuncinya hanya ada di pemberian pakan EF yang sedikit ada perubahan.
Tips Memulihkan Burung Cendet Pasca Mabung | kidzoners | 4.5