Cara merawat kacer lolohan /anakan kacer



Memelihara burung kacer tidak begitu sulit ketika dilakukan dengan rasa tekun telaten dan sabar. terutama burung yang kita dapatkan adalah burung kacer dewasa, yang berarti bahwa kita hanya perlu melanjutkan pengaturan pakan burung kacer dari pemilik sebelumnya.

Tetapi sebagian besar kicau maina lebih suka merawat kacer dari lolohan/anakan,alasanya dengan merawat kacer dari anakan ini,karena pemilik akan mendapatkan kepuasan yang tak ternilai dan kebanggan tersendiri jika suatu kelak burung bisa menjuarai disetiap lomba.

Merawat kacer dari lolohan atau burung yang terpisah dari induknya sejak mereka berumur 1 minggu memerlukan perhatian khusus, jika tidak maka kacer mungkin akan koid karena kekurangnya asupan pakan berupa voer dan hewani seperti jangkrik ulat hongkong kroto atau faktor faktor lainnya.

Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk merawat kacer sejak dari lolohan/anakan                                                        


Meberikan makan burung kacer lolohan/anakan setiap 30menit sekali.
pelepasan lolohan kacer baru yang dipisahkan dari induknya harus selalu diberi makan dengan durasi setiap 30menit, karena dalam masa fase ini                   lolohan/anakan kacer tumbuh dengan cepat dan membutuhkan pakan protein tinggi dan tak lupa gizi..

Untuk makanan
bisa diberikan voer diberi air hangat (putih)secukupnya lalu diaduk-aduk sampai sampai rata, kemudian dicampur kroto segar dengan Takaran voer 75%-25%kroto lalu aduk lagi sampai rata.

Pemberian makan
berikan adonan yang telah disiapkan diatas pada lolohan anakan kacer dengan menggunakan sendok kecil / bisa juga mengunakan spet yang bisa dimodifikasi terlebih dahulu.di usia ini burung belum disarankan untuk  diberikan jangkrik.Lakukan pemberian makan secara teratur sampai burung berusia 2-3 minggu.

Jaga kebersiahan sangkar
Bersihkan sangkar burung
Setelah lolohan/anakan kacer selesai diloloh karna pasti akan selalu mengeluarkan kotoran, dapat dibayangkan jika ada 3-4 burung dalam satu sarang dan tidak dibersihkan setiap hari. Kotoran akan selalu menumpuk di sekitar sarang dan juga akan menempel di bawah perut kacer tentu ini sangat tidak baik untuk kesehatan anakan kacer tersebut.
Jika ini tidak dibersihkan, akan menyebabkan banyak bakteri menumpuk di sarang kacer lolohan dan ini akan menyebabkan anakan kacer menjadi rentan terhadap penyakit dan akan menyebabkan kematian alias koid.
Oleh karena itu sangat disarankan untuk selalu membersihkan kotoran yang ada disekitar sarang setiap hari,pembersihan lebih baik dilakukan pada pagi atau sore hari setelah selesai meloloh anakan kacer, karena pada malam hari burung akan merasa nyaman untuk beristirahat.

Mengajari anakan Kacer untuk Mandiri
Jika anakan kacer sudah minginjak         umur 2 atau 3minggu, biasanya pada tahap ini burung sudah keluar dari sarangnya dan mulai belajar bertengger, disaat-saat seperti ini pemberian pakan masih diberikan secara intensif sampai burung benar-benar dapat bergerak dan melompat dari tangkring atas kebawah atau begitu sebalik kebawah keatas.
ketika anakan kacer berusia 3 minggu akan mulai menunjukkan perilaku belajar mematuk,nah saat-saat seperti siapkan tempat pakan burung dengan adonan diatas beserta air minum pada fase ini lolohan kacer diajarkan untuk bisa makan sendiri.

Jika anakan Kacer sudah mulai makan adonan sendiri
Campuran makanan yang berupa voer dan kroto bisa diubah yang tadinya perbandingan voer dan kroto 75%-25% bisa diubah menjadi 85%-15% Dengan komposisi voer yang lebih banyak.
berikan adonan ini sampai anakan kacer berusia 4-5 minggu dan untuk jangkrik bisa mulai dapat diberikan,jangkrik dapat diberikan di pagi dan sore hari, hitung jumlah jangkrik yang diberikan sampai anakan kacer merasa kenyang sehingga pada hari berikutnya kita tau seberapa banyak yang harus kita berikan kepada anak-anak muda kacer.
Sebelum jangkrik diberikan, pertama-tama harus dimatikan dan kepala,kaki-kaki semua dilepas,jadi yang diberikan hanya bagian perutnya saja,setelah itu bisa diberikan kepada anak-anak muda kacer.

Usia beranjak dewasa
ketika burung berusia di atas 5minggu, komposisi voer tidak lagi dicampur dengan air hangat, burung dapat diberi voer kering dan untuk kroto Anda bisa bitaburkan sedikit kroto diatas voer.
Cara merawat kacer lolohan /anakan kacer Cara merawat kacer lolohan /anakan kacer Reviewed by Gondrex Jio on 06:14 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.