Cara merawat kacer mabung/ambrol bulu


                       Cara merawat kacer  mabung/ambrol bulu/cara merawat kacer  mabung kering..

Kacer mabung ini hal biasa dalam hewan unggas pada setiap tahun/bulan melakuan pergatian bulu tua ke muda.
 sebagian kacer mania kadang kesal dikala gacoan memasuki masa fase mabung,betapa tidak mengingat waktu yang tidak pendek minimal 2bulan bahkan lebih, jika fase mabung tergangu maka akan mengakibatkan burung jadi stres..

Pada masa fase mabung mutlak burung harus diistirahatkan total agar tidak menghambat proses pergantian bulu.
Tentu kita ingin mempercepat masa mabung gacoan kita.bukan ya harus bersabar dulu sampai fase mabung benar-bebar selesai. jangan memaksakan burung untuk dibawa kecountes dalam keadaan burung memasuki masa mabung, ini akan  menjadi fatal..

Langsung saja ya ? perawatan kacer mabung bulu tua

Pertama pada sebagian besar kicau mania  dikala memasuki gacoannya masa mabung pemberian ef berupa jk (jangkrik) itu dihilangkan..

Dan menurut pengalaman saya pribadi.pada masa mabung,ef berupa jk masih saya pakai untuk kacer agar tidak terlalu lama ngedrop karna kekurangan protein yang bisa didapatkan dari jangkrik, walaupun hewani lain masih banyak seperti ulat hongkong, kroto dll saya stop dulu.

Jadi intinya untuk ef jk diberikan setengah dari setelan biasa yang diberikan.
2 pagi sore 2 lakukan setiap hari sampai selesai masa mabung..

Untuk pengerodongan lakukan setiap hari pada fase memasuki masa mabung full krodong.dibuka krodong cuma waktu pemberia ef dan membersihkan kotoran seminggu sekali.
Sedangkan pada fase memasuki masa pemulihan 80% burung mulai dijemur ketika fajar mulai tampak/baru muncul dengan durasi 5menit cukup jangan lebih efeknya kurang bagus membuat bulu muda menjadi kering lagi.tentu tidak mau bukan??..

Nah yang terakhir Untuk mandi bisa dilakukan pada fase memasuki pemulihan 90%+ 1minggu sekali biar burung segar dan sehat ..

Cara merawat kacer mabung/ambrol bulu Cara merawat kacer mabung/ambrol bulu Reviewed by Gondrex Jio on 21:12 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.