Cara Merawat Lolohan/Anakan Ciblek Gunung Sampai Dewasa Yang Benar

Cara Merawat Lolohan/Anakan Ciblek Gunung Sampai Dewasa Yang Benar - Tidak heran jikan burung ciblek gunung atau biasa disebut juga cigun,sekarang mulai rame dicari pengemar kicau mania,karna suaranya yang keras nembak dan ngebreen.

Banyak hal,alasan,mengapa cigun sekarang mulai digemari?mungkin untuk even lomba/untuk masteran dan juga mungkin karna suka kicauanya yang keras.

Meski burung ciblek gunung tidak sebuming kerabatnya yaitu ciblek kebon (cibon) tapi suara tak kalah mumpuni dengan kerabatnya itu.

Oke kicau mania untuk anda yang ingin merawat ciblek gunung (cigun) saya sarankan merawat dari lolohanya alasanya dengan dari lolohan/anakan cigun,burung bisa dimaster sesuai keinginan kita contoh masteran kenari,love bird,jalilin dll.

Tentu saja dengan kita merawat lolohan/anakan cigun membuat burung cigun,cigun liar tetap terjaga kelestariannya tentu gak mau kan jiga burung cigun sampai punah !

Cara merawat lolohan/anakan ciblek gunung atau cigun




Sebelum kita meloloh lolohan/anakan cigun kita siapkan sebagai berikut:

  • siapkan voer halus
  • kroto segar
  • air matang/bersih(putih)


3bagian diatas campurkan jadi satu aduk-aduk hingga merata menjadi adonan yang siap untuk dilolohkan.

Berikutnya meloloh:
bisa mengunakan metode alat yang seperti sendok, namun lebih kecil sehingga bisa masuk pada mulut burung,atur bagian-bagian sisi sendok supaya halus dan tidak tajam yang bisa melukai paruh burung.Atau bisa dengan spet,yang bisa dimodifikasi dengan ujung disambung pentil, berikan pentil dengan panjang 4cm.buka pendorong lalu masukan pakan adonan ke spet,lalu pentil masukan kedalam mulut burung dan dorong berlahan-lahan.

> berikan pakan adonan yang anda siapkan diatas ketika, lolohan/anakan cigun celanganpan/membuka paruh seperti minta pakan dan atur jam-jam/waktu disaat lolohan cigun minta makan,penting!!

> Setelah selesai proses meloloh anakan cigun,berikan minum.lalu bisa berikan cemilan/ EF jk (jangkrik)kecil-kecil sebagai makan tambahan.

Jika burung sudah terlihat belajar mematuk untuk makan sendiri sebaiknya untuk mulai menyediakan pakan adonan ketempat pakan burung lalu masukan dan berikut air minum dengan tempat yang berbeda.

Pemberian pakan exstrafoodiing berupa jk (jangkrik) juga masih bisa dilakukan,tambahan EF berupa UH bisa juga diberikan dengan waktu pagi dan sore hari.dengan catatan UH(ulat hongkong) yang baru melepas kulitnya biar gak terlalu panas untuk tubuh lolohan/anak cigun pemberian cukup 1-2ekor.

Setelah lolohan/anakan cigun benar-benar terlihat mematuk atau memakan adonan disetiap harinya.berlahan-lahan adonan diganti dengan voes halus yang kering sedekit ditambakan kroto untuk mempercepat dia makan voer kering..

Untuk cara membedakan ciblek gunung jantan dan betina bisa klik dibawah ini Tisp Cara Mudah dan Akurat Membedakan Ciblek Gunung(Cigun)Jantan dan Betina

Semongga bermanfaat!

Cara Merawat Lolohan/Anakan Ciblek Gunung Sampai Dewasa Yang Benar Cara Merawat Lolohan/Anakan Ciblek Gunung Sampai Dewasa Yang Benar Reviewed by Gondrex Jio on 05:19 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.