Cara Merawat Murai Batu Cepat Rajin Berkicau dan Gacor



Murai batu salah satu burung tipikal faigter atau petarung dengan gaya tarung yang begitu menawan untuk kicauanya pun sangat merdu tidak heran jika banyak pengemar burung yang tertarik ingin merawatnya.

Murai batu juga sangat pintar dalam menirukan suara burung lain dan harga untuk seekor burung murai batu pun tidak lah murah apa lagi kalo murai batu bisa gacor tentu membuat harganya melambung.

Burung murai batu cukup banyak dijumpai dikontes burung berbondong-bondong pencinta murai batu mania mebawa gacoanya kearena lomba berharap bisa menjuarai.

Untuk menjadikan murai batu bisa menjadi juara dalam setiap event atau kontes burung,tentu tidaklah mudah semudah membalikan telapak tangan.

Banyak hal yang harus dilalui seperti pengorbanan waktu,materi,keringat,pikiran dll.namun diartikel kali ini saya tidak akan membahas bagai mana cara membuat murai batu bisa menjuarai disetiap lomba burung.

Disini diartikel ini saya ingin berbagi tips cara merawat murai batu rumahan agar gacor 

Sebagai berikut:

Untuk perawatan harian murai batu

Pengembunan
Keluarkan burung murai batu pukul 04-30 wib ketika subuh bisa digantung dihalaman dan pastikan murai batu langsung terkena embun ini bermanfaat bagi burung tersebut atau membuat burung lebih nyaman karena seperti dihabitat aslinya
untuk merangsang murai batu cepat rajin berkicau 

Mandi
Dilakukan ketika pukul 07-30 wib proses memandikan bisa mengunakan bak keramba atau dengan cara disemprot tergantung dengan kebiasaan sehari-hari.

Penjemuran
Setelah burung selesai mandi jangan terburu-buru untuk menjemur minimal tunggu 5-10 menit baru dijemur.

Dalam penjemuran baik dilakukan sesuai dengan kekuatan atau semampunya burung,contoh bisa dilihat ketika burung sering mebuka paruhnya dan terlihat gelisah loncat kesana kemari saat dijemur lalu angkat burung dari penjemuran dan anginkan sebentar sebelum dikrodong.

Pemberian exstra fodiing atau EF
Extra fooding atau EF ini sangat penting untuk menujang birahi agar murai cepat gacor mengingat banyak mengadung protein didalamnya seperti jangkrik,kroto,ulat hongkong dll.

Pemberian jangkrik dapat diberikan sesuai kebiasaan jika belum ada jadwal pemberian yang pasti.buat lah jadwal pemberian EF dengan konsisten dengan cara berikan jangkring sekenyang mungkin misalkan pagi hari murai mampu melahap 10ekor dan sore harinya mampu melahap lagi 10ekor berikan hal yang sama pada esok harinya sampai menemukan titik jenuh karena dihari kehari pasti akan menurun porsianya setelah menurun misalkan menjadi pagi 5ekor - 5ekor sore hari dan pada esok harinya berikan lagi 5ekor jangkrik cobalah menambah 1ekor lagi jika tidak dimakan berarti setingan harianya bisa diberikan 5-5ekor jangkrik pada pagi dan sore hari.

Kroto diberikan 1minggu 2x berikan yang masih segar secara konsisten pula contoh pada hari senin dan jum'at maka pemberian kroto pada hari-hari tersebut.

Ulat hongkong berikan ketika pengembunan saja cuku 3-4 ekor guna untuk menghangatkan tubuh.

Extra fooding tambahan untuk cara merawat murai batu cepat gacor

Berikan kelabang,ini sangat membatu membuat murai batu cepat rajin berkicau atau gacor.pemberian cukup 2 minggu 2x setelah murai batu gacor cukup 1bulan 1x ingat jangan terlalu sering memberikan murai batu kelabang karena cepat membuat bulu-bulu murai kering atau membuat burung cepat mabung/ganti bulu sebelum waktunya.

Pengrodongan
Setelah burung selesai dijemur dan diangikan lalu dikrodong sampai esok hari untuk pemberian EF pada sore hari cukup buka rell sleting saja lalu tutup kembali.

Pemasteran
Dilakukan saat burung istirahat pada saat dikrodong karena pada saat-saat itu keadaan nyaman dan tenang sehingga dapat mempelajarinya dengan cepat.usahakan waktu saat pemasteran ditempatkan pada tempat yang tenang tidak bising dari suara apapun karena bisa dapat mengangu konsentrasi burung.

Pengumabaran
Untuk melatih fisik dan stamina juga untuk menjaga kesehatan burung agar teyap slalu bugar tentu ini sangat penting mengingat burung yang gacor adalah burung yang sehat.

Cara Merawat Murai Batu Cepat Rajin Berkicau dan Gacor Cara Merawat Murai Batu Cepat Rajin Berkicau dan Gacor Reviewed by Gondrex Jio on 20:24 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.